Siswa Kelas VII MTsN 1 Kediri Sah Menjadi Anggota Penggalang

Sebanyak 380 siswa-siswi kelas VII MTsN 1 Kediri mulai Minggu 21 Agustus 2022 sah menjadi anggota pramuka penggalang di Pangkalan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 01.123 dan 01.124 MTsN 1 Kediri. Mereka menjadi anggota baru pramuka penggalang setelah disahkan oleh Kakak Pembina Pramuka MTsN 1 Kediri  pada saat Perkemahan Sabtu-minggu (Persami) selama dua hari (20-21/8/2022) di Lingkungan MTsN 1 Kediri.

Tidak hanya menjadi momen penerimaan anggota baru penggalang, Persami yang mengusung tema “Sehat, Gembira, Berprestasi” tersebut juga digunakan sebagai sarana membekali anggota baru penggalang Pangkalan Pramuka Gugus Depan MTsN 1 Kediri memiliki karakter positif. Diantaranya, cinta tanah air, disiplin, jujur, mandiri, bertanggung jawab, berprestasi dan berjiwa sosial.

Persami berjalan lancar dan sangat meriah. Pukul 13.00 WIB Siswa Kelas VII mulai berdatangan di Kampus Utara MTsN 1 Kediri. Setelah tiba, peserta persami melakukan regitrasi pada panitia. Panitianya, adalah kakak-kakak siswa Kelas VIII dan IX yang tergabung dalam Paspramore, yakni Pasukan Pramuka  MTsN 1 Pare. Dengan berseragam pramuka lengkap dengan segala atributnya, mulai baret, hasduk, dan tali, mereka siap mengikuti upacara pembukaan persami.

Pukul 15.00 WIB, Upacara pembukaan dimulai. Andik Akhmad Dhofir, S.Si.,S.Pd., selaku Waka Kesiswaan MTsN 1 Kediri, menjadi pembina upacara mewakili Kepala MTsN 1 Kediri. Dalam sambutannya, ia  menjelaskan bahwa kegiatan pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa-siswi kelas VII. Ia berharap penerimaan anggota baru ini dapat diikuti secara serentak.

“Karena apabila tidak mengikuti saat ini, maka saat di kelas 8 harus ikut bergabung dengan kelas 7 yang mendatang,” tegas Andik Akhmad Dhofir.

Persami kali ini mengawali aktivitas kegiatan kepramukaan di Pangkalan Pramuka Gugus Depan MTsN 1 Kediri setelah vakum dua tahun karena pandemi Covid 19 melanda.

Usai mengikuti upacara, peserta persami istirahat untuk mandi. Suara azan, tanda panggilan untuk melaksanakan solat asyar telah terdengar dari corong masjid MTsN 1 Kediri. Peserta persami bergegas menuju masjid baru MTsN 1 Kediri. Suasana damai nan religius sangat terasa di MTsN 1 Kediri. Mereka mendirikan Sholat Asar berjamaah dengan khusuk.  Selesai melaksanakan kewajiban, para peserta yang sudah dikelompokkan berdasarkan regu menyiapkan tampilan seni yang akan ditampilkan pada saat acara api unggun. Satu jam berlatih, kini para peserta melaksanakan sholat Maghrib berjamaah.

Kegiatan setelah salat Maghrib, yaitu ceramah agama. Peserta persami menyimak siraman rohani yang disampaikan oleh Ustad Moh. Misbahuddin, M.Pd.I., salah satu guru agama MTsN 1 Kediri. Tema ceramahnya tentang tata cara melaksankan ibadah salat sesuai yang dilaksankan nabi Muhammad SAW. Setelah menyimak ceramah, peserta mendirikan salat Isyak berjamaah.

Puncak kegiatan persami yang ditunggu-tunggu dimulai. Pukul 08.00 WIB peserta berkumpul di pelataran Parkir Stadion Canda Bhirawa. Letaknya persis di depan Kampus Utara MTsN 1 Kediri. Mereka berbaris dengan formasi melingkar. Di tengah pelataran terdapat tumpukan kayu bakar yang tersusun rapi. Suasana agak hening setelah lampu penerang dimatikan. Sepuluh anggota Paspramore berlari secara serempak masuk ke tengah barisan. Dengan jarak beberapa meter dengan anggota lain, kesepuluh anggota Paspramore membetuk formasi melingkari kayu bakar. Salah satu anggota membawa obor yang belum dinyalakan. Kemudian obor dinyalakan oleh Kakak Pembina. Satu persatu kesepuluh anggota Paspramore memegang obor secara bergantian sambil mengucapkan dasa darma pramuka secara urut. Usai dasa darma kesepuluh obor disulutkan di kayu bakar. Bersamaan penyalaan api unggun tersebut, petasan dinyalakan, dor…dor…dor. Semua peserta bertepuk pramuka setelah dikomando kakak pembina. Suasana menjadi meriah.

Api sudah menyala sebagai simbol semangat anggota baru yang berkobar-kobar mengikuti kegiatan kepramukaan di  pangkalan Pramuka Gudep MTsN 1 Kediri. “Mudah-mudahan semangat anggota baru terus berkobar,” kata Kakak Khauri Zamzami, Pembina Upacara Api Unggun.

Semakin malam suasana semakin meriah.  Sebab, setelah upacara api unggun dilanjutkan dengan pentas seni. Bergagai kreativitas seni dipertunjukkan di depan ratusan anggota yang lain. Ada tampilan menyanyi, tari, drama, dan puisi. Tak pelak pentas seni tersebut menghibur peserta persami. Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 23.30 WIB. Uapcara api unggun dan pentas seni berakhir. Semua siswa menuju kelas untuk istrahat.

Pukul 03.00 WIB Peserta dibangunkan. Mereka harus melaksankan kegiatan salat tahajud dan dilanjtkan solah subuh berjamaah. Usai salah subuh peserta diajak panitia untuk melaksanakan senam kesegaran jasmani. Peserta sangat antusias mengikuti Senam pagi yang dipandu oleh kakak-kakak.

Setelah lelah mengikuti olahraga senam pagi, peserta menikmati sarapan pagi yang sudah disiapkan oleh panitia bagian konsumsi. Habis sarapan, peserta persami mengikuti berbagai lomba seru dan menggembirakan yang sudah disiapkan panitia. Lomba balap karung, kelerang, Piramida gelas, balap tepung. Pelaksanaan lomba cukup menyita perhatian peserta. Akhirnya, mereka berhasil melalui rangkaian kegiatan persami sampai di penghujung kegiatan, yakni  upacara penutupan. Peserta yang telah mengikuti kegiatan mulai awal hingga akhir dinyatakan diterima sebagai anggota baru.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Kediri, Muhammad Zainuddin,S.Pd., M.Pd berharap kegitan penerimaan anggota baru penggalang ini, para peserta bisa mengambil hikmah dan manfaatnya.

“Mudah-mudahan dengan bekal kegiatan-kegiatan positif tersebut, peserta persami bisa sehat, gembira, berprestasi,” pungkasnya (awr/yus/tim warta MTsN 1 Kediri)

Leave a reply