SEJARAH SINGKAT MTsN 1 Kediri

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kediri adalah salah satu dari sembilan Madrasah yang berada di Kabupatet Kediri, berdiri sejak tahun 1969 dengan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 164 tahun 1969, pada mulanya bernama Madrasah Tsanawiyah JPI Pondok Modern Pare Kabupaten Kediri yang dulunya terletak di Jl. Pasar lama tepatnya dibekas gedung bioskop, tanah dan gedung itu dibeli oleh M. Sabarudin (Kepala KUA Pare).

Dengan penegerian tersebut maka mengalami perubahan nama menjadi Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri ( MTsAIN) di Pare Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur dengan awalnya jumlah guru hanya antara lain: Bapak Shomadun (Kamad MTsAIN) , Moh. Aliuddin, Syarwani, Bahri Mahfud, Imam Sanusi (PNS pertama), A. Kohar Mustafa (PNS kedua), Harus Kusaijin (PNS ketiga).

Pada tahun 1971 Bapak Shomadun selaku kepala MTsAIN mengudurkan diri  dan kembali mejabat sebagai penilik PAI Kab. Ngajuk selajutnya Jabatan diserahkan ke Harus Kusaijin,BA.

Pada tahun 1974 Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri ( MTsAIN) lokasinya pindah ke Jl. Masjid Pare di Sekolah Dasar BPPI Cokroaminoto sebelah utara Masjid Taqwa Pare denga jumlah siswa 19 anak.

Pada tahun 1977 Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTsAIN), Bapak Drs. H. Usri Sastra direja selaku Bupati KDH Tingkat II Kediri dan juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Dwikora Pare seluas 1.400 m2 terletak disebelah barat Stadion Canda Bhirawa Pare dan berbatasan dengan SMPN 2 Pare sebelah selatan, TK Tauladan sebelah barat dan Parkir daerah (Stadion) di sebelah utara sejak tahun 1978 bagunan gedung sudah sempurna maka  lokasi MTsAIN pindah ke Jl. Stadion Canda Bhirawa 01 Tulungrejo Pare sampai sekarang.

Selajutnya pada tahun 1978 Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTsAIN) berubah nama mejadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pare (MTsN Pare 1). Madrasah Tsanawiyah Negeri Pare megalai perubahan nama lagi mejadi MTsN 1 Pare dikarenakan pemerintah menutup lembaga PGAN 4 tahun (MTsN Pare 2) maka saat itu Kec. Pare ada 2 MTsN Pare 1 di Jl. Stadion Canda Bhirawa 1 Tulungrejo pare dan MTsN Pare 2 ada di Jl. Gede 3 Pare dan akhirnya MTsN Pare oleh pemerintah dipindahkan ke Kabupaten Gresik.

Tahun 1982 Bapak Harusn Kusaijin Kepala MTsN Pare dipindah tugaskan ke SMAN 2 Pare (SMA Pembagunan) yang terletak disebelah utara RSUD Pare. Selanjutnya digantikan Bapak Ismudji mulai tahun 1982-1990. MTsN Pare megalami perkembangan semakin hari semakin baik dan berkembang antara lain : Perluasan tanah untuk pembagunan gedung dan dan membuka Filial di Desa Sidomulyo Kec. Puncu sekarang MTsN 6 Kediri.

Pada tahun 1990 Kepala MTsN Pare dijabat oleh Bapak H. Murdani ( 1990-1993)   tahun ke tahun kualitas pendidikan dan bagunan gedung kampus utara lima local berdiri dan banyak sedikit bagunan lainya di  renovasi dan megalami perkembangan semakin hari semakin baik dan berkembang.

Pada tahun 1993  Jabatan Kepala MTsN Pare dari Bapak H. Murdani ke Bapak Drs. H. Maksum ( 1993-1998 ) jumlah siswa dari tahun 1993 sampai tahun 1998 mengalami perkembangan pesat serta pembagunan gedung kampus sisi utara dan mulai Lab. IPA dan perpustakaan juga berdiri walaupun di bangun di atas tanah waqaf.

Berkat kerja keras secara terus menerus dari seluruh komponen yang ada, prestasi demi prestasi telah ditorehkan oleh madrasah ini sehingga semakin banyak masyarakat yang berminat menyekolahkan putra putrinya di Madrasah ini. Akhirnya pada tanggal 14 Maret  tahun 1998 Madrasah ini ditetapkan dan ditunjuk oleh Direktur Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam atas nama Menteri Agama Republik Indonesia  sebagai Madrasah Model di Kabupaten Kediri. Pada saat ini Madrasah ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang menggembirakan dan mempunyai segudang prestasi yang sangat menggembirakan dan membanggakan baik prestasi akademik mapun non akademik

Pada tahun 1998 jabatan kepala MTsN Model Pare berpindah ke Bapak Drs. H. Zainal Fanani ( 1998-2001) juga banya peningkatan serta mengalami perkembangan pesat baik dari jumlah Guru PNS, jumlah murid serta mutu pendidikan semakin baik dan banyak prestasi yang terukir selama kepemimpinan beliau Bapak Drs. H. Zainal Fanani.

Pada tahun  2001 jabatan Kepala MTsN Model Pare dijabat oleh Bapak Drs. H. Masykur dari tahun 2001 – 2005 banyak peningkatan mulai jumlah Guru PNS yang mengajar dan  jumlah murid serta mutu pendidikan semakin baik dan banyak prestasi yang terukir selama kepemimpinan beliau maka dengan banyaknya murid serta kebutuhan akan hadirnya MTsN Model Pare makan juga dibagun 3 ruang kelas baru juga di atas tanah waqaf dari swadaya massyarakat serta APBN lokasi berada di belakang 5 Ruang kelas  yang dibangun pada tahun 1991.

Pada tahun 2005 jabatan kepala MTsN Model Pare di jabat oleh Drs. H. Ali Irham, M.Ag mulai tahun 2005-2009. Berkat kerja keras secara terus menerus dari seluruh komponen yang ada, prestasi demi prestasi telah ditorehkan oleh madrasah ini sehingga semakin banyak masyarakat yang berminat menyekolahkan putra putrinya di Madrasah ini. sebagai Madrasah Model di Kabupaten Kediri. Pada saat ini Madrasah ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang menggembirakan dan mempunyai segudang prestasi yang sangat menggembirakan dan membanggakan baik prestasi akademik mapun non akademik.

Pada akhir tahun 2009 Jabatan Kepala MTsN Model Pare dijabat oleh Drs. Siti Umi Hanik,M.Pd.I beliau sosok perempuan pertama yang  mejabat kepala MTsN Model Pare. Kepemimpinan beliau mulai tahun 2009-2015, prestasi demi prestasi telah ditorehkan oleh madrasah ini sehingga semakin banyak masyarakat yang berminat menyekolahkan putra putrinya di Madrasah ini sehingga mau tidak mau jumlah gedung untuk sarana pendidikan terus berkembang antara lain Pembagunan 4 Ruang Kelas Baru di Lantai 2 lokasi di kampus utara belakang barat serta pembagunan 2 Ruang Kelas Baru  di lantai 2 lokasi di sisi Utara sendiiri serta Rehab 2 Ruang Kelas tepat dibawahnya. Pepat tanggal 13 Juni 2011 MTsN Model Pare medapat waqaf tanah dari Komite seluas 295 m2 digunakan untuk Aula dan 2 Ruang kelas ketrampilan.

Tahun berganti tahun kebutuhan sarana dan prasarana semakin meningkat dan MTsN Model Pare menjawab tantangan tersebut pada tahun 2015 akhir jabatan Kepala MTsN Pare dipimpin oleh Bapak Drs. H. Jamiludin,M.Pd.I mulai tahun 2015-2018. Pada tahun 2016 sesuai Keputusan Meteri Agama RI Nomor 673 Tahun 2016 MTsN Pare berubah nama menjadi MTsN 1 Kediri yang ditetapkan oleh Menteri Agama RI pada tanggal 17 November 2016. Sejak saat itu sesuai Lampiran 2 nomor 152 nama MTsN Pare 1 menjadi MTsN 1 Kediri. Prestasi demi prestasi telah ditorehkan oleh MTsN 1 Kediri mulai dari Akademik maupun non akademik ta lupa juga Sarana dan prasaran baik Olahraga dan Kurikulum dikebangkan terus. Untuk mempercantik MTsN 1 Kediri maka Taman dan Gapura MTsN Pare yang dulu dibongkar dan dibangun pada awal tahun 2016 serta  pembagunan sarana Olahraga baik siswa dan guru maka dibangunlah GOR MTsN 1 Kediri yang dulunya Ruang kelas ketrampilan sekitar akhir  tahun 2016. Pada akhir tahun 2017 kepemimpinan beliau melakukan pengadaan Tanah berkerjasama dengan Komite MTsN 1 Kediri yaitu sebidang Tanah dengan luas 899 m2 untuk dibagun Masjid dan parkir  siswa  sampai sekarang masih berjalan proses pembagunanya.

Tahun 2018 tepatnya bulan Maret Jabatan kepala MTsN 1 Kediri berpindah ke Bapak H. Moh. Maksun,M.Pd.I, prestasi demi prestasi telah ditorehkan oleh MTsN 1 Kediri mulai dari Akademik maupun non akademik tidak  lupa juga Sarana dan Prasaran untuk UNBK juga terus berkembang  dengan dibangunya dua  Ruang CBT dari dana APBN yan terletah di sebalah utara lantai 2 serta Renovasi (mengkeramik)  Ruang Transit, Ruang Bendahara dan ruang tamu serta  perbaikan-perbaikan Ruang kelas mulai dari pengecatan serta pembagunan Gapura Kampus utara. Pada tahun 2019 mendapat bantuan Rehab berat dari kemneterian PUPR 5 Ruang kelas yang dibangun tahun 1991 dengan rencara dijadikan 3 Lantai Bangunan yang lantai 1 digunakan temoat terbukan untuk KBM dan lantai 2 dan 3 di gunakan Ruang Kelas Baru. Serta Rehab berat Kamar Mandi siswa.

KEPALA MTsN 1 KEDIRI DARI MASA KE MASA

NO

TAHUN

NAMA KEPALA MADRASAH

KETERANGAN

1. 1971 – 1982 Drs. H. HARUN KUSAIYIN
2. 1982 – 1990 Drs. H. ISMUDJI
3. 1990 – 1993 H. MURDANI
4. 1993 – 1998 Drs. H. MAKSUM
5. 1998 – 2001 Drs. H. ZAINAL FANANI
6. 2001 – 2005 Drs. H. MASYKUR
7. 2005 – 2009 Drs. H. ALI IRHAM, M.Ag
8. 2009 – 2015 Dra. SITI UMI HANIK, M.Pd. I
9. 2015 – 2018 Drs. JAMILUDDIN, M.Pd. I
10. 2018 – sekarang Drs. H. MOH.MAHSUN, M.Pd. I

VISI MTs NEGERI 1 KEDIRI

     ”Terwujudnya Insan Yang Religius, Unggul,  Berprestasi  Dan Berwawasan Lingkungan “

MISI MTsN 1 KEDIRI  KABUPATEN KEDIRI

  1. Menumbuhkan sikap, berprilaku dan amaliyah sesuai tuntunan agama Islam di Madrasah
  2. Mewujudkan lulusan yang unggul, berprestasi dan cinta ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang mampu berkarya dan berkreasi untuk kemajuan pendidikan
  4. Mewujudkan madrasah unggulan dengan komitmen tinggi dalam pendidikan, pengajaran dan pembelajaran
  5. Menumbuhkan semangat dan kesadaran diri untuk memiliki budaya dan etos kerja yang profesional
  6. Menciptakan lingkungan Madrasah yang sehat, bersih, dan indah.
  7. Menanamkan pembiasaan pada siswa dan seluruh warga madrasah untuk peduli dan berbudaya lingkungan.

TUJUAN MTS NEGERI 1  KEDIRI

  1. Membentuk generasi yang beriman dan  bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Membentuk  generasi  yang  memiliki  budaya  4S
  3. Meningkatkan kualitas ubudiyah peserta didik, dan tenaga kependidikan melalui pembiasaan sholat dhuha, dhuhur dan hafalan   surat-surat pilihan.
  4. Pencapaian suasana  lingkungan  Madrasah yang cinta budaya, bersih, sehat dan indah.
  5. Meningkatkan prosentase kwalitas hasil UAM, UAMBN dan UN
  6. Peserta didik berkembang sesuai bakat dan minatnya.
  7. Meningkatkan prestasi dalam olimpiade sains, olah raga dan seni.
  8. Terciptanya suasana yang kondusif bagi berkembangnya karakter di seluruh kehidupan Madrasah.
  9. Membentuk  generasi  yang  peka  terhadap  kondisi lingkungan sosial masyarakat sekitar.
  10. Menggali dan memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan untuk peningkatan mutu madrasah baik fisik maupun non fisik.
  11. Mampu mengembangkan kurikulum yang diberlakukan secara kreatif dan adaptif
  12. Menyelenggarakan berbagai kegiatan yang mendukung tercapainya 4 pilar pendidikan learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live toghether
  13. Memanfaatkan dan memelihara fasilitas yang mendudukung proses pembelajaran berbasis TIK

KONDISI SARANA MADRASAH

Guna menunjang sarana belajar mengajar di MTs N 1 Kediri pihak manajemen Madrasah telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung, baik sarana dan prasarana belajar yang memadai dengan didukung kenyamanan dan dukungan teknologi terkini. Adapun fasilitas yang disediakan sebagai berikut  : Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kediri  Berdiri diatas tanah   ± 4.055 M ² Luas bangunan 3.593 M2 Luas Halaman 462 M2 yang diperuntukkan pendidikan MTsN 1  Kediri dan bersertifikat. Keadaan Bangunan Fisik.

 

No    No

 

Jenis Bangunan

Dibangunan Tahun Jumlah Lokal

 

Keterangan

1. a. Ruang Belajar 1992/1993 5 APBN
b. Ruang Belajar 1993/1994 4 APBN
c. Ruang Belajar 1994/1995 10 APBN
d. Ruang Belajar 2003/2004 3 APBN
e. Ruang Belajar 2009/2010 1 APBN
f. Ruang Belajar 2010 2 APBN
  g. Ruang Belajar 2011 2 APBN
  h. Ruang Belajar 2011 2 APBN
2. Ruang Kantor 1988/1989 1 APBN
3. Ruang Kepala 1988/1989 1 APBN
4. Ruang Guru 1988/1989 1 APBN
5. Ruang Perpus 1993/1994 1 APBN
6. Laboraturium IPA 1993/1994 1 APBN
7. Ruang BP/BK
8. Ruang Komputer
9. Ruang Lab. Bhs

 

DATA PRESTASI PESERTA DIDIK
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KABUPATEN KEDIRI
TAHUN 2019
NO NAMA PESERTA DIDIK PERINGKAT KEJUARAAN NAMA KEJUARAAN TINGKAT KETERANGAN
1 AISYAH AYUNINGTYSA JUARA III OLIMPIADE IPA NASIONAL HIMSO SURABAYA
2 AISYAH AYUNINGTYAS JUARA III OLIM IPA/EFDO NASIONAL MAN 3 JOMBANG
3 NASDA ALIATUS SYA’BANA JUARA II TALENT DUTA BARAPAMERA/PMR NASIONAL UIN MALANG
4 ASTITA FAIZRLINA ISLAMI JUARA II SANITASI KESEHATAN/BARAPAMERA PMR NASIONAL UIN MALANG
5 ASTITA FAIZRLINA ISLAMI JUARA III SANITASI KESEHATAN/BARAPAMERA PMR NASIONAL UIN MALANG
6 INDANA MAULIDA A JUARA II SANITASI KESEHATAN/BARAPAMERA PMR NASIONAL UIN MALANG
7 ALYA SEFINATU NAJA JUARA II SANITASI KESEHATAN/BARAPAMERA PMR NASIONAL UIN MALANG
8 ALYA SEFINATU NAJA JUARA III SANITASI KESEHATAN/BARAPAMERA PMR NASIONAL UIN MALANG
9 MONICA IHZA N JUARA II KREATIFITAS SENI/BARAPAMERA/PMR NASIONAL UIN MALANG
10 AISKA FAIRANA QUMAIRO JUARA I TALENT DUTA/ BARAPAMERA/PMR NASIONAL UIN MALANG
11 SALSABILLA FADIA PP JUARA I/RAYON OLIMPIADE  MATEMATIKA NASIONAL IAIN TULUNGAGUNG
12 VANIDA SHOFIA N JUARA II JAGA PRAGA V/PMR PROPINSI MAN KOTA BLITAR
13 TRIXANANTA DASCHA AMEIDANA JUARA II JAGA PRAGA V/PMR PROPINSI MAN KOTA BLITAR
14 MONICA IHZA N HARAPAN 1 OLIM. BAHASA INGGRIS PROPINSI MAN 4 JOMBANG
15 ASTITA FAIZZERLINA ISLAMI JUARA III LOMPAMAR/ PMR PROPINSI SMAN 1 SIDOARJO
16 ALYA SEFINATU NAJA JUARA III LOMPAMAR /PMR PROPINSI SMAN 1 SIDOARJO
17 MONICA IHZA N JUARA I CC/ LOMPAMAR PMR PROPINSI SMAN 1 SIDOARJO
18 SALSABILA FADIA P P JUARA I CC/ LOMPAMAR PROPINSI SMAN 1 SIDOARJO
19 TAQIDITO ILHAM PRATAMA JUARA I OLIMPIADE MIPA PROPINSI LBB AIRLANGGA
20 AL FATIH NASYWA HENDISKA JUARA II OLIMPIADE MIPA PROPINSI LBB AIRLANGGA
21 MUHAMMAD GIBRAN KHALILULLAH JUARA III OLIMPIADE MIPA PROPINSI LBB AIRLANGGA
22 LINTANG NADHIF DANENDRA JUARA II BULU TANGKIS PA/PORSENI PROPINSI KANWIL  KEMENAG JATIM
23 ASTITA FAIZRLINA ISLAMI HARAPAN 1 SINGER/PORSENI PROPINSI KANWIL  KEMENAG JATIM
24 JOANA ATKIN CARELLA JUARA III TOLAK PELURU/PORSENI PROPINSI KANWIL  KEMENAG JATIM
25 M. AFNA ZAIN JAMIL JUARA III MHQ/MTQ XXVII /JATIM PROPINSI GUBERNUR JATIM
26 CANTIKA R P JUARA III LARI 5 K PROPINSI PEMKOT SURABAYA
27 SAILA SALSABILLA JUARA III MENULIS SURAT KARISIDENAN JAWA POS DAN POLRESTA KDR
28 WILDAN ABDIL FARREL JUARA II ARYA PRAGA IV/ PRAMUKA KARISIDENAN MAN 2 KOTA KEDIRI
29 ADDINA NURKAMILA JUARA III ARYA PRAGA IV/PRAMUKA KARISIDENAN MAN 2 KOTA KEDIRI
30 LINTANG NADHIF DANENDRA JUARA III BULU TANGKIS TUNGGAL KARISIDENAN MAN 2 KOTA KEDIRI
31 ABDI YURIDAN JUARA III BULU TANGKIS GANDA KABUPATEN PB DJARUM
32 LINTANG NADHIF DANENDRA JUARA III BULU TANGKIS GANDA KABUPATEN PB DJARUM
33 ZULFA MAARIJ JUARA I GALAXY/ PRAMUKA KABUPATEN SMAN 1 PARE
34 AHMAD AGI SETIAWAN JUARA I GALAXY /PRAMUKA KABUPATEN SMAN 1 PARE
35 MTSN 1 KEDIRI JUARA UMUM I GALAXY/ PRAMUKA KABUPATEN SMAN 1 PARE
36 ASTITA FAIZZERLINA ISLAMI JUARA 1 SINGER/ PORSENI KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
37 ABID NURMALINDA JUARA 1 PIDATO BHS INGGRIS /PORSENI KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
38 JOANA ATKIN CARELLA JUARA 2 ATLETIK/PORSENI KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
39 WILDAN ABDIL FARREL JUARA 1 PIDATO BHS IND/PORSENI KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
40 M. ALFAN RAMADHANI JUARA 1 PENCAK SILAT/PORSENI KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
41 AZMIL FUTIHATUR JUARA 2 MTQ/PORSENI KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
42 AZZAHRA INDAR FULAN RANAYA JUARA 3 BULUTANGKIS/PORSENI KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
43 GANESH SALMA JUARA 1 PENCAK SILAT/PORSENI KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
44 ZAIN AHMAD QURROBA JUARA 1 KALIGRAFI/PORSENI KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
45 TAQIDITO ILHAM PRATAMA JUARAI 1 KSM/IPA KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
46 AL FATIH NASYWA HENDISKA S JUARA 1 KSM/IPA KABUPATEN KANKEMENAG KAB KEDIRI
47 ZULFA MAARIJ BEST 1 PRAMUKA GARUDA KABUPATEN KWARCAB KEDIRI
48 M. AGI SETYAWAN BEST 1 PRAMUKA GARUDA KABUPATEN KWARCAB KEDIRI
49 TIM FUTSAL MTSN 1 KEDIRI JUARA II TURNAMEN FUTSAL KABUPATEN SMK PEMUDA PAPAR
50 REGU PUTRA PRAMUKA JUARA II AKSI KOPRAGA 6 KABUPATEN SMAN 4 KOTA KEDIRI
51 REGU PUTRI PRAMUKA JUARA III AKSI KOPRAGA 6 KABUPATEN SMAN 4 KOTA KEDIRI

Kegiatan Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan Sekolah di luar jam Pembelajaran Bertujuan untuk menunjang program pengajaran, untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat. Kegiatan ini diadakan untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah. Kegiatan Ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri. ekstrakurikuler di MTs N 1 Kediri terdiri dari

  • Pramuka
  • PMR
  • tahfidz
  • olimpiade
  • jurnalistik
  • hadroh
  • kaligrafi
  • seni baca alquran
  • basket
  • futsal
  • bulu tangkis
  • tenis meja