Home News & Info Liputan Media Guru Yang Punya Jiwa Mendidik

Guru Yang Punya Jiwa Mendidik

155
0
SHARE

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) saat ini belum mendapat prioritas dalam mencetak tenaga pendidik yang berjiwa pendidik. LPTK dinilai juga belum bisa menghasilkan pendidik yang ideal. 

“Akibatnya guru lulusan dari LPTK ini belum bisa menjadi guru yang patut dicontoh,” kata rektor Universitas Negeri Jakarta Prof Dr Djaali di Jakarta, Kamis (17/7).

Ia menilai LPTK hanya prioritas paling bontot. AKibatnya belum banyak pendidikan karakter atau pendidikan ahlak hadir di sekolah. 

“Karena kesiapan gurunya kurang,” katanya.

Djaali mengatakan, Universitas Negeri Jakarta yang tugas utamanya mencetak tenaga pendidik atau guru yang sudah berpengalaman hingga saat ini pun belum bisa memberikan pendidikan karakter yang baik .

“Harus diakui guru yang berjiwa pendidik sampai saat ini belum banyak kita hasilkan. Jadi jangan harap guru sekarang bisa mengajarkan pendidikan karakter,” ujarnya.

Ia mengatakan, pendidikan karakter atau akhlak yang baik harus dihadirkan sedini mungkin. Untuk terwujudnya pendidikan karakter harus ada guru yang berjiwa pendidik.

“Tanpa itu sulit. Sebab pendidikan karakter itu bukan diajarkan tetapi diberikan contoh dan itu melekat pada iklim di sekolah. Untuk menghadirkan pendidikan karakter harus hadirkan juga guru berkarakter bagus,” jelasnya.

sumber Republika.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here