Home News & Info Aktivitas Siswa Sembelih 2 Ekor Sapi dan Seekor Kambing

Sembelih 2 Ekor Sapi dan Seekor Kambing

125
0
SHARE
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Selain menggelar manasik haji, MTsN Pare memeriahkan Idul Adha 1437 H dengan menyembelih hewan korban, yakni dua ekor sapi dan seekor kambing. Sapi pertama berasal dari iuran siswa dan satunya lagi dari bapak ibu guru. Seekor kambingnya dari salah satu guru MTsN Pare. Daging korban tersebut dibagikan kepada para siswa dan yang berhak menerima.

Menurut Kepala MTsN Pare, Drs. Jamaluddin, M.Pd.I, penyembelihan hewan korban bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai rasa taat seorang hamba. Hal itu sesuai dengan syariat Islam yang sudah dicontohkan oleh nabi Ibrahim as. Selain itu, dengan menyembelih hewan korban dan dagingnya dibagikan kepada sesama dapat memupuk jiwa sosial dan rasa kepedulian terhadap sesama.

Jamiluddin menjelaskan, para siswa melakukan iuran untuk membeli sapi merupakan sebagai sarana melatih siswa berkorban sejak dini. Dengan dilatih sejak dini, niscaya kalau sudah dewasa nanti harapannya dalam diri para siswa sudah tertanam jiwa sosial.

Penyembelihan hewan korban berjalan lancar dan semarak. Mendatangkan jagal sapi profesional, sapi dapat dirobohkan dengan cepat. Sebelum sapi disembelih, ratusan siswa MTsN Pare mengumandangkan takbir dan dan tahmid secara bersama. Saat penyembelihan berlangsung,  beberapa siswa  mengabadikan dengan memotonya.

Usai disembelih, hewan korban dikuliti, dipisahkan dagingnya dari tulang, dan dibersihkan jeroannya. Daging oleh panitia dipotong-potong dan ditimbang sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Selesai menata daging korban,  kemudian dibagikan kepada yang berhak menerima.

“Mudah mudahan tahun depan hewan korban bisa lebih besar dan banyak.” Harap panitia korban. ( Naya/ Puspa/yus /Humas MTsN Pare)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here